Senin, 06 April 2015

Gejala Dan Cara Mengobati Demam Berdarah tanpa Obat

loading...

Gejala Dan Cara Mengobati Demam Berdarah – Sempat beberapa tahun yang lalu demam berdarah menjadi salah satu penyakit yang banyak menyerang manusia. Asal muasal demam berdarah yaitu dimulai dari gigitan nyamuk yang menyebarkan virus dengue sehingga siapa saja yang terkena gigitan nyamuk tersebut akan mengalami infeksi. Demam berdarah dapat menyebabkan penderitanya merasakan rasa nyeri yang sangat hebat seakan-akan tulang belulangnya patah dengan dibarengi demam, sakit kepala dan warna kulit berubab kemerah-merahan seperti campak.

Tanda, Tindakan Pencegahan dan Pengobatan Demam Berdarah

Nyamuk Demam Berdarah

Demam berdarah merupakan jenis penyakit yang mematikan, ribuan nyawa melayang karena wabah demam berdarah. Untuk itu, agar kita terhindar dari demam berdarah sebaiknya selalu menjaga kebersihan rumah dan lingkungan sekitar. Jangan biarkan ada sedikitpun air yang tergenang karena dapat menjadi sarang nyamuk penyebab DBD ini. Lalu bagaimana kita mengetahui seseorang terkena demam berdarah? Demam berdarah ditandai oleh beberapa gejala seperti suhu tubuh meningkat secara mendadak kurang lebih selama 2 sampai 7hari dan tubuh menjadi lemah lesu.

Munculnya bintik-bintik merah seperti campak disekujur tubuh dan kerap mengalami pendarahan melalui lubang hidung (mimisan). Jika kedua hal tersebut dialami dalam kurun waktu bersamaan, bisa dipastikan orang tersebut terkena demam berdarah. Bukan hanya itu saja, orang yang terkena DBD juga kerap muntah-muntah dan ketika BAB keluar darah. Kondisi ini sudah terlalu parah sehingga perlu mendapat penanganan medis yang intensif.

Penanganan demam berdarah tidak boleh telat sedetikpun karena jika telat maka hasilnya akan fatal dan berujung dengan kematian. Mengingat bahayanya demam berdarah membuat para ilmuan mencari tahu bagaimana cara mengatasi penyakit tersebut salah satunya dengan menggunakan ramuan herbal. Cara ini bisa dijadikan sebagai langkah pertolongan pertama untuk penderita demam berdarah.

Cara Mencegah dan Mengobati Demam Berdarah

Penyebaran Demam Berdarah

Meniran – Dalam istilah latin meniran disebut juga Phullanthus Urinaria. Ramuan tradisional yang dibuat dengan bahan dasar meniran dipercaya dapat meningkatkan trombosit darah sehingga sangat cocok digunakan sebagai alternatif untuk mengatasi masalah demam berdarah (DBD). Hal ini dikarenakan didalam meniran terdapat kandungan zat yang disebut flavonoid dan zat inilah yang berfungsi untuk meningkatkan trombosit.

Jambu Biji – Ada dua jenis jambu biji yaitu jambu yang dagingnya berwarna merah dan berwarna putih. Untuk mengatasi demam berdarah biasanya orang-orang menggunakan jambu biji yang dagingnya berwarna merah dan memang berdasarkan sejumlah penelitian yang pernah dilakukan menyebutkan bahwa jambu biji dapat menghambat aktifitas reverse transcriptase dari virus dengue.

Selain itu juga jambu biji sama halnya dengan meniran yaitu mengandung flavonoid yang dapat meningkatkan kadar trombosit. Bagi penderita demam berdarah sangat disarankan mengkonsumsi buah ini baik dimakan secara langsung maupun dapat diolah menjadi jus jambu yang menyegarkan.

Pepaya (Gandul) – Pepaya atau yang bahasa jawa dikenal dengan sebutan gandul ini memiliki banyak kandungan yang berperan penting untuk mengatasi demam berdarah. Salah satu kandungan tersebut diantaranya kontinin, glikosida, papain, miosmin, karpain dan karposid. Jenis pepaya yang dapat digunakan untuk mengatasi DBD adalah pepaya jantan (Pepaya Gandul). Adapun manfaat lain dari pepaya ini yaitu untuk mengobati malaria, penyakit cacing dan masalah pada sistem pencernaan.

Kunyit – Kunyit merupakan jenis bumbu dapur yang biasa digunakan untuk memasak. Mungkin belum banyak yang mengetahui bahwa khasiat kunyit selain untuk menyedapkan masakan tetapi juga dapat mengatasi demam berdarah. Kunyit memiliki sifat anti-mikroba, anti-virus HIV, antioksidan dan anti-kanker. Untuk itu kita tidak boleh memandang remeh bumbu dapur yang satu ini.

Demam berdarah merupakan penyakit mematikan, tetapi dapat dicegah asalkan kita dapat hidup bersih dilingkungan yang bersih pula. Buang genangan-genangan air yang memungkinkan digunakan nyamuk untuk bersarang dan berkembangbiak dengan begitu kita akan terhindar dari bahaya demam berdarah.

Namun jika keempat bahan tradisional diatas tidak dapat mengatasi DBD, sebaiknya anda melakukan langkah yang lebih serius yaitu dengan berobat ke dokter atau rumah sakit untuk mendapatkan penanganan yang lebih intensif. Sekian dan Terimakasih.

loading...

Artikel Terkait