Jumat, 03 April 2015

Cara Sederhana Mencegah Stroke

loading...

Cegah Stroke Dengan Langkah Sederhana – Stroke merupakan kondisi dimana seseorang mengalami gangguan pada fungsi otak secara tiba-tiba dan mengakibatkan terganggunya sistem saraf. Penyakit ini tergolong penyakit yang sangat mematikan, hampir 15% penduduk Indonesia meninggal karena penyakit stroke. Ada beberapa gejala yang biasa terjadi sebelum stroke menyerang seperti mati rasa secara mendadak dan pada sekujur tubuh mengalami lemas tak bedaya.

 Cegah Stroke dan Darah Tinggi

Mencegah Stroke dan darah tinggi

Jika anda kerap mengalami pusing secara mendadak tanpa diketahui apa penyebabnya, sebaiknya anda harus berhati-hati karena hal tersebut bisa saja sebuah gejala penyakit stroke sebaiknya anda periksakan kondisi kesehatan anda ke dokter. Ada dua faktor yang dinilai sebagai penyebab stroke yang pertama karena faktor medis. Ada beberapa jenis penyakit yang digadang-gadang sebagai pemicu serangan stroke diantaranya hipertensi (darah tinggi), kolesterol, arteriosklerosis (pengerasan pembuluh darah), diabetes, gangguan jantung dan riwayat stroke dalam keluarga atau faktor keturunan.

Faktor yang kedua yaitu karena faktor perilaku. Faktor ini merupakan faktor yang sering terjadi karena gaya hidup yang kurang sehat. Olahraga sangat penting untuk mencegah anda dari berbagai penyakit serta pola makan. Makanlah makanan yang bergizi dan bernutrisi tinggi seperti sayuran, kacang-kacangan, ikan, dan buah. Hindari kebiasaan merokok, minum-minuman keras, minuman bersoda dan minuman siap saji lainnya.

Agar penyakit stroke tidak menyerang anda sebaiknya anda melakukan pencegahan sedini mungkin. Artikel ini bertujuan memberikan sedikit wawasan tentang cara mencegah penyakit stroke sejak dini. Inti dari permasalahan ini  adalah kemauan, asalkan ada kemauan anda untuk mencegah stroke pasti penyakit berbahaya ini dapat teratasi dengan mudah.

Cara Mencegah Stroke Dengan Langkah Sederhana

Mencegah Stroke

Rutin Memeriksakan Tensi Darah – Pastikan tekanan darah anda selalu dalam kondisi normal karena tekanan darah tinggi akan membuat pembuluh darah mengalami tekanan ekstra. Walaupun hal tersebut belum menunjukkan gejala yang serius tetapi dengan teratur memeriksakan tensi darah, maka sama saja anda telah melakukan penjegahan secara dini terhadap penyakit stroke.

Makanan Yang Sehat – Makanan selalu menjadi prioritas utama dalam menangani masalah kesehatan. Makanan yang baik untuk mencegah stroke adalah seperti sayuran dan buah-buahan. Hindari makanan berlemak jenuh seperti daging merah karena makanan tersebut akan membuat pembuluh darah mengeras. Konsumsi setidaknya lima porsi buah dan sayur setiap harinya.

Hindari Rokok – Kebiasaan merokok memang sangat sulit untuk dihindari maka dari itu perlu dikenalkan tentang bahaya merokok salah satunya dapat menyebabkan penyakit stroke. Rokok yang setiap hari kita hisap dapat menyebabkan atherosclerosis (Pengerasan dinding pembuluh darah) sehingga darah menjadi menggumpal. Ini alasan kenapa seorang perokok lebih beresiko terkena stroke.

Kurangi Asupan Garam – Bagi anda yang suka makan makanan asin sebaiknya kurangi mulai dari sekarang untuk menghindarkan diri anda dari bahaya stroke. Gunakan garam secukupnya dalam pengolahan makanan karena garam dapat meningkatkan hipertensi atau tekanan darah dan hipertensi ini merupakan salah satu penyebab stroke.

Olahraga Secara Rutin – Olahraga akan meningkatkan kualitas hidup, dengan melakukan aktifitas fisik secara teratur maka bagi anda yang memiliki tekanan darah tinggi akan menurun kelevel normal dan selain itu juga untuk menstabilkan kadar lemak didalam tubuh sehingga resiko stroke pun dapat dihindari.

Untuk saat ini, mencegah memang lebih mudah dan efektif daripada mengobati. Maka dari itu sebaiknya kenali sejak dini tentang bahaya gejala dan penyebab stroke agar anda dapat menghindari hal tersebut. Stroke dapat mengintai siapa saja baik orang dewasa maupun anak-anak. Untuk itu berwaspadalah dan selalu menjaga pola hidup yang sehat. Sekian dan Terimakasih.

loading...

Artikel Terkait