Selasa, 07 April 2015

cara Mudah Menjaga Jantung tetap Sehat dan Kuat

loading...

Hal Mudah Untuk Menjaga Kesehatan Jantung – Jantung bisa artikan sebagai lambang kehidupan. Ketika detak jantung berhenti, maka secara langsung kehidupan kita pun akan terhenti atau mati. Ketika kita divonis menderita penyakit jantung, pasti akan timbul rasa ketakutan yang luar biasa atau mungkin bisa sampai pasrah. Itu merupakan hal yang wajar karena penyakit jantung masih menjadi pembunuh nomor satu di dunia. Tidak banyak yang dapat kita lakukan untuk mengatasi penyakit ini karena memang sangat sulit untuk mengatasinya.

Menjaga Kesehatan Jantung

Olahraga Jantung Sehat
 Namun anda tidak perlu pesimis, karena dengan sifat pesimis tersebut akan menimbulkan depresi berat yang justru dapat memperparah penyakit anda. Kesehatan jantung sangat erat kaitannya dengan pola hidup kita karena pada dasarnya penyakit ini dapat timbul karena gaya hidup yang kurang sehat. Kurang olahgara dan kurangnya asupan makanan bergizi bisa menjadi pemicu serangan jantung. Satu hal yang mungkin sulit untuk dihindari adalah kebiasaan merokok.

Asap rokok yang masuk kedalam jantung dapat merusak sistem kerja jantung dan organ tubuh lainnya. Untuk itu bagi anda perokok aktif sebaiknya mulai sekarang kurangilah sedikit demi sedikit rokok yang biasa anda hisap agar jantung anda bisa terjaga kesehatannya dengan baik. Tingkat resiko penyakit jantung pada pria dan wanita berbeda, pria lebih beresiko terkena penyakit jantung lebih cepat dibandingkan dengan wanita yaitu usia 45th dan wanita usia 55th.

Ada beberapa gejala yang biasa dirasakan ketika kita terserang penyakit jantung salah satunya yaitu seperti sakit pada bagian kepala, nyeri dada, sakit pada bagian tubuh, cepat lelah, sesak napas dan mudah berkeringat. Jika hal tersebut menimpa anda, sebaiknya periksakan kondisi kesehatan anda karena besar kemungkinan itu adalah gejala penyakit jantung dan sebelum hal tersebut terjadi sebaiknya anda menjaga kesehatan jantung anda dengan baik.

Hal Mudah Untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Memelihara Jantung Sehat

Menggerakan Tubuh Dan Berolahraga Teratur – Berolahraga sangat penting untuk mengurangi resiko penyakit jantung. Dengan berolahraga, maka akan membuat jantung mampu memompa darah secara normal dan aliran darah keseluruh tubuh pun menjadi tidak terhambat. Bukan hanya itu, dengan berolahraga kita akan mendapatkan bentuk tubuh yang ideal. Lalukan olahraga secara ringan maka akan mengurangi resiko anda sebanyak 40% dari bahaya penyakit jantung.

Mengkonsumsi Makanan Sehat – Jika kita rajin olahraga kemudian selalu menjaga asupan makanan yang masuk kedalam tubuh, itu sudah sangat bagus untuk menjaga organ tubuh kita. Bukan hanya penyakit jantung saja yang terhidarkan tetapi penyakit-penyakit lain seperti stroke, diabetes dan hipertensi pun akan mudah diatasi. Konsumsi sayuran, buah, susu dan biji-bijian bisa menjadi menu diet anda sehari-hari.

Tidur Yang Teratur – Kebiasaan yang satu ini memang sering kita langgar, bolehlah sesekali kita begadang tetapi jika setiap hari kita selalu begadang maka akan mengganggu kesehatan anda. Tidur yang cukup setiap harinya adalah 8jam penuh karena berdasarkan ilmu penelitian menyebutkan bahwa kurang tidur dapat meningkatkan resiko penyakit jantung.

Menghindari Rokok – Didalam bungkus rokok sudah tertulis tentang bahaya rokok, tetapi kenapa anda masih suka menghisap rokok? Didalam satu batang rokok terdapat zat-zat yang dapat merusak organ tubuh salah satunya jantung. Jika anda merupakan salah satu pecandu rokok sebaiknya mulai sekarang kurangilah sedikit demi sedikit agar kesehatan anda tidak terganggu.

Menjaga Berat Badan Ideal
– Obesitas akan meningkatkan resiko penyakit jantung, untuk itu sebisa mungkin anda jaga kondisi berat badan anda salah satunya dengan cara olahraga teratur dan tidak makan ketika hendak tidur karena hal tersebut dapat membuat berat badan naik. Tubuh yang gemuk memiliki banyak kandungan lemak ditubuhnya sehingga jantung harus bekerja ekstra dan itu dapat menurunkan kinerja jantung itu sendiri.
Yang terpenting dalam menjaga kesehatan jantung adalah mengatur pola hidup yang sehat. Pola hidup yang sehat bukan hanya dari asupan makanan saja, tetapi dari kebiasaan yang kita lakukan sehari-hari pun bisa menjadi salah satu cara agar jantung kita tetap dalam keadaan sehat. Sekian dan Terimakasih.

loading...

Artikel Terkait